Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan rekrutmen terhadap 189 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan pilkada serentak 2020.

"Hingga sekarang sudah tercatat sebanyak 230 pendaftar yang sudah memasukkan berkas, baik yang disampaikan langsung ke KPU maupun melalui kantor desa," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Jumat.

Pihak KPU Bangka Tengah membutuhkan sebanyak 189 anggota PPS untuk ditempatkan di 56 desa dan tujuh kelurahan di daerah itu atau sebanyak tiga orang per PPS.

"Pendaftaran calon anggota PPS akan ditutup pada 24 Februari 2020, jumlah pendaftar atau yang memasukkan berkas cukup banyak atau hampir mencapai 50 persen dari jumlah anggota PPS yang akan direkrut nantinya," ujarnya.

Pihaknya sengaja menggandeng pemerintah desa dalam penerimaan berkas pendaftaran para peserta calon PPS untuk mempermudah akses administrasi.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak desa dan pada 24 Februari 2020, kami akan mengambil berkas tersebut," ujarnya.

KPU Bangka Tengah juga sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Bangka Tengah dalam rangka memberi kemudahan kepada para calon terutama terkait dengan persyaratan kesehatan.

"PPS merupakan ujung tombak pihak KPU dalam menyukseskan pilkada pada September 2020, terutama saat pemungutan suara," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020