Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang kapal di seluruh pelabuhan, guna mencegah penyebaran virus corona di daerah itu.

"Saat ini kita mengintensifkan pemantauan penumpang di seluruh pelabuhan kapal penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pemantauan suhu tubuh penumpang kapal menggunakan thermo gun maupun thermal scanner dilakukan di Pelabuhan Pangkalbalam, Tanjung Ru dan Tanjung Pandan, Tanjung Gudang dan Tanjung Kalian, sebagai langkah pemerintah provinsi dalam mengoptimalkan pencegahan penyebaran virus corona ini.

"Saat ini kita belum menerima laporan dari petugas lapangan ditemukan penumpang kapal terkena virus ini, karena suhu tubuh mereka terpantau normal," ujarnya.

Menurut dia dalam mengoptimalkan pencegahan penyebaran virus corona ini, Dishub bekerja sama dan berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), KSOP dan pengelola pelabuhan.

"Saat ini kedatangan dan keberangkatan penumpang kapal di lima pelabuhan masih normal, rata-rata 200 hingga 300 orang per hari," katanya.

Ia menambahkan pemantauan suhu tubuh penumpang kapal ini menggunakan thermo gun dan thermal scanner, karena lebih efektif dan cepat terdeteksi kemungkinan adanya penumpang yang diduga virus Corona.

"Apabila ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh melebihi dari batas normal, maka penumpang tersebut akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan, apakah penumpang tersebut terjangkit virus corona atau tidak," katanya.

Ia berharap Babel menjadi daerah yang aman dari virus Corona, sehingga tidak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan.

"Masyarakat tidak perlu panik, karena pemerintah hadir dalam mengambil langkah-langkah antisipatif penyebaran virus corona. Insya Allah Babel masih aman dan kondusif," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020