Sepekan jelang hari raya Idul Adha 1441 hijriah, Dinas Pertanian bangka selatan mulai mendata persediaan hewan kurban yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Dari hasil pendataan tersebut dipastikan bahwa persediaan hewan kurban di bangka selatan mencapai 500 ekor dan tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala dinas pertanian pangan dan perikanan kabupaten bangka selatan Suhadi di Toboali, Minggu mengatakan dari 500 ekor hewan kurban yang tersedia terdiri dari sapi sebanyak 250 ekor dan kambing sebanyak 250 ekor.

"Hewan kurban untuk lebaran haji kali ini dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, jumlah yang terdata saat ini kurang lebih 500 ekor," kata dia.

Ia menjelaskan persediaan hewan kurban ini rata rata masuk dari luar daerah dan mayoritas dari jawa timur dan lampung.

Sedangkan untuk jenis sapi sendiri paling dominan adalah sapi bali, sapi madura dan sapi po, sedangkan untuk kambing paling dominan adalah jenis p-e .

Selain itu, Suhadi mengatakan dengan jumlah persediaan ini di pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban masyarakat bangka selatan selama pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 hijriah.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020