Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan bibit lada kombinasi untuk disalurkan secara gratis kepada petani dalam rangka meningkat produksi buah lada di saat pandemi COVID-19 saat ini.

"Lada kombinasi ini merupakan bibit unggul yaitu dilakukan penyambungan tanaman lada dengan malada yang mampu memperkuat akar dan tahan dari serangan hama," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menghadiri penyaluran bibit lada kombinasi di Dusun Panang, Minggu.

Ia menjelaskan, budi daya bibit kombinasi lada dengan malada terus dikembangkan di daerah itu untuk mewujudkan program ketahanan ekonomi kerakyatan.

"Saat ini kita mulai membagikan tanaman lada dengan malada sebagai batang bawah kepada petani di Bangka Tengah. Hal itu sebagai pemancing petani untuk mengembangkan lada kombinasi malada," kata Ibnu Saleh.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin mengatakan pihaknya sudah memroduksi bibit lada kombinasi dalam jumlah yang banyak.

"Bagi petani baik perorangan maupun yang tergabung dalak kelompok yang ingin mendapatkan bibit tersebut, bisa menghubungi kami disamping kami terus turun ke lapangan menyalurkan bibit tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan produksi lada petani di tengah belum stabilnya harga komoditas unggulan itu.

"Produksi rata-rata lada petani di daerah ini masih rendah, ini terus kita genjot dengan berbagai program inovasi pertanian lada," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020