Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan langkah antisipasi untuk pengiriman logistik Pilkada 2020 saat kondisi hujan.

"Pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan pada 9 Desember 2020, kemungkinan pada bulan itu sudah terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi sehingga perlu disiapkan langkah antisipasi sejak sekarang," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Yulizar di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, tidak semua akses jalan menuju lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dalam kondisi baik dan mulus sehingga butuh persiapan matang untuk menjamin seluruh logistik bisa dikirim dengan aman dan petugas selamat.

"Kami sudah lakukan pemetaan lokasi TPS, ada beberapa sulit dijangkau dengan medan jalan cukup berat," katanya.

Berdasarkan pengalaman pelaksanaan beberapa kali pemilu sebelumnya, beberapa TPS seperti itu dibutuhkan perhatian khusus oleh tim distribusi bersama elemen lain.

Perlu adanya kerja sama antara penyelenggara, pengawas, personel pengamanan dan perangkat desa untuk bersama-sama mendistribusikan logistik dengan aman.

"Sebagai persiapan awal, kami akan menyiapkan seluruh logistik yang akan dikirim sudah terbungkus plastik dengan aman agar tidak rusak terkena air," katanya.

Selain itu, armada pengangkut logistik ke seluruh kecamatan dan desa akan menyesuaikan situasi dan kondisi saat hari pengiriman.

Menurut dia, jika distribusi menggunakan truk dipastikan akan ditutup terpal dengan baik, namun akan lebih aman jika menggunakan mobil bak tertutup yang dinilai lebih aman.

"Kami berharap kondisi cuaca tetap normal dan tidak terjadi hal luar biasa, seperti banjir, jalan putus, tanah longsor dan lainnya sehingga distribusi bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan seluruh petugas selamat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020