Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan bantuan sebanyak tujuh unit perahu kepada kelompok nelayan.

"Bantuan ini menggunakan dana alokasi khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan, kemungkinan pekan depan akan kami serahkan kepada kelompok penerima," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Kamso di Mentok, Selasa.

Tujuh unit perahu nelayan terbuat dari bahan serat fiber dengan panjang tujuh meter itu akan diserahkan kepada tujuh kelompok nelayan di enam kecamatan.

Selain mendapatkan bantuan perahu, kelompok penerima juga akan diberi bantuan perlengkapan pendukung lain, yaitu mesin tempel kekuatan 18PK, alat GPS, kotak penyimpanan ikan dan jaring.

"Saat ini tujuh unit perahu, mesin, alat GPS dan kotak penyimpanan ikan sudah ada dan siap disalurkan, namun untuk jaring ikan masih menunggu proses pengiriman," katanya.

Kelompok yang akan dibantu merupakan kelompok nelayan tangkap yang pada tahun sebelumnya sudah mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Pemkab Bangka Barat.

Selain itu, kelompok tersebut saat ini juga masih aktif, berbadan hukum, sudah diverifikasi ulang dan direkomendasikan oleh para petugas penyuluh perikanan yang ada di kecamatan.

"Secara persyaratan, mereka memenuhi kriteria. Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban modal usaha sekaligus meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok penerima bantuan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020