Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tes cepat (rapid test) terhadap seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai upaya pencegahan kemungkinan penularan COVID-19.

"Sebanyak 3.600 orang yang akan bertugas di 400 tempat pemungutan suara (TPS) akan kami tes cepat. Ini sebagai bentuk keseriusan kami dalam mewujudkan pilkada sehat," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Mentok, Jumat.

Untuk menggelar tes cepat di enam kecamatan tersebut, KPU sudah melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan RSUD Sejiran Setason.

Para petugas nantinya akan dikerahkan di beberapa lokasi di setiap kecamatan agar pemeriksaan bisa cepat selesai.

"Pelaksanaan kami rencanakan pada 28 hingga 30 November 2020, serentak di seluruh kecamatan," katanya.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya pemilih agar tidak takut datang ke TPS.

Harpandi mengatakan jika nanti ada petugas yang hasil tes reaktif, maka petugas itu akan ditindaklanjuti dengan tahapan tes berikutnya sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

"Jika memang tidak memungkinkan maka petugas itu akan segera dicari penggantinya," katanya.

Pada Pilkada 2020, KPU Bangka Barat merekrut sebanyak 3.600 orang petugas TPS yang terdiri dari 2.800 orang KPPS dan 800 petugas keamanan yang akan ditempatkan di 400 TPS di enam kecamatan.

Sebanyak 400 TPS tersebut berada di Kecamatan Mentok sebanyak 104 TPS, Simpangteritip 60 TPS, Jebus 44 lokasi, Kelapa 67 TPS, Tempilang 60 TPS dan Kecamatan Parittiga sebanyak 65 lokasi TPS.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020