Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus, menyatakan siap untuk disuntik vaksin COVID-19 pertama kali yang akan dilaksanakan pada Rabu (27/1) di Graha Aparatur Pemkab setempat.

"Secara pribadi siap divaksin karena penting sebagai salah satu upaya mencegah penularan dan tadi sudah menjalani pemeriksaan kesehatan awal oleh tim kesehatan," kata Bupati Markus di Mentok, Selasa.

Vaksin Sinovac rencananya akan didistribusikan hari ini ke Bangka Barat dengan jumlah 2.640 vial, selanjutnya pada tahap pertama akan diberikan terlebih dahulu kepada para tenaga kesehatan.

Baca juga: Bangka Barat berdayakan RT/RW dampingi warga isolasi mandiri

"Hari ini kami diskrining untuk persiapan vaksinasi besok, rencananya untuk sepuluh orang pertama di Bangka Barat dan pada dasarnya saya siap divaksin pertama kali bersama para pejabat dan tokoh masyarakat, setelah itu baru kepada para tenaga kesehatan," kata Markus usai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Sejiran Setason.

Pemeriksaan kesehatan juga dijalani para pejabat di daerah itu, antara lain Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah, Ketua Pengadilan Negeri Mentok Erica Mardaleni, Kepala Kantor Agama Syarifudin dan lainnya.

Markus mengatakan dari hasil cek kesehatan itu dirinya layak untuk disuntik vaksin agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk tidak takut divaksin.

Ia mengajak masyarakat ikut menyukseskan program vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru dan tetap disiplin menjalankan aturan kesehatan.*

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021