Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan peran usaha mikro kecil dan menengah guna mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa mengatakan sektor UMKM memiliki peran besar memulihkan perekonomian daerah melalui penyerapan tenaga kerja lokal sampai penyediaan jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

"UMKM berperan dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat sebab berada di berbagai tempat sampai kepelosok," jelasnya.

Dikatakan, sektor UMKM di Kabupaten Bangka tumbuh cukup baik terutama usaha kuliner, resto dan berbagai makanan olahan yang hampir merata disemua kecamatan.

"Keberadaaan UMKM juga memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan sektor pariwisata daerah yang saat ini tengah dikembangkan," kata bupati.

Upaya pemulihan ekonomi melalui peran UMKM kata bupati, pemerintah pusat dan daerah sepakat memperkuat sektor ini dengan menyalurkan bantuan peralatan usaha.

"Tahun 2020 kami menyalurkan ratusan jenis alat usaha UMKM bagi 1.111 pelaku usaha termasuk juga bantuan bagi pelaku industri kecil menengah," katanya.

Tercatat lebih dari seribu pelaku UMKM disemua jenis usaha yang selama pandemi COVID-19 tidak semuanya terkena dampaknya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, diketahui secara umum perbandingan lima dari 10 pelaku usaha masih beroperasi biasa seperti biasa.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021