Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan jumlah warga yang sembuh dari infeksi virus corona jenis baru itu bertambah 13 orang menjadi 289 orang.

"Sebanyak 13 orang yang sembuh pada hari ini seluruhnya dari Kecamatan Mentok, sedangkan untuk tambahan kasus baru yang terjadi hari ini sebanyak empat orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan, jumlah warga yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat selama pandemi berjumlah 308 orang, sedangkan yang masih menjalani isolasi sebanyak 15 orang, berasal dari Kecamatan Mentok 13 orang, Kelapa satu orang dan satu orang dari Kecamatan Jebus.

"Untuk hari ini ada penambahan empat kasus baru seluruhnya dari Kecamatan Mentok, masing-masing berinisial Sa perempuan (20), tuan Af (57), tuan Ba (35) dan nyonya Sw (34)," ujarnya.

Putra mengatakan, tambahan kasus baru ini saat ini menjalani perawatan dan karantina di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat, Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat dan karantina mandiri.

"Saat ini pola penularan sudah mengalami perubahan dari tertular di luar daerah menjadi transmisi antarwarga di dalam daerah sehingga warga kami minta untuk terus waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Kepada masyarakat yang mengalami gejala kehilangan fungsi penciuman dan fungsi indra perasa diimbau untuk segera menghubungi puskesmas terdekat.

"Tetap waspada dengan cara memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas merupakan salah kebiasaan baru yang perlu terus dilakukan untuk bersama-sama mengurangi risiko penularan virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021