Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitung (Babel), pada tahun ini menganggarkan Rp70 miliar untuk meningkatkan kualitas jalan provinsi itu.

"Kami lebih memprioritaskan peningkatan tonase dan pelebaran jalan menuju pelabuhan kapal laut dan bandara, untuk mendukung program tol laut," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Belitung, Hasanuddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan, anggaran Rp70 miliar tersebut berasal dari APBD 2015 untuk meningkatkan akses transportasi dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Pada tahun ini, kami akan meningkatkan kualitas jalan sepanjang 900 kilometer yang tersebar di kabupaten/kota," ujarnya.

Ia mengatakan, anggaran yang tersedia ini, belum memadai untuk membangun jalan protokol di provinsi ini. Apalagi sebagian jalan mengalami kerusakan akibat banjir beberapa waktu lalu.

Namun demikian, kata dia, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas jalan ini, khususnya jalan menuju pelabuhan kapal laut.

"Kualitas jalan menuju pelabuhan ini harus ditingkatkan, jika tidak jalan akan mudah rusak karena tonase jalan tidak sebanding dengan berat truk angkutan barang pelabuhan yang keluar masuk mendistribusikan barang kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, Babel merupakan wilayah kepulauan yang hampir 90 persen berbagai kebutuhan masyarakat di pasok dari luar daerah menggunakan jasa angkutan laut.

"Jika jalan menuju pelabuhan ini rusak, tentu akan mengganggu pendistribusian barang kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015