Pemerintah Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian yaitu kultivator yang berfungsi untuk mengolah tanah sekunder kepada dua kelompok tani di Desa itu.

"Dengan penyaluran alat ini kami harapkan dapat membantu dan memudahkan petani dalam mengolah lahan pertaniannya," kata Kepala Desa Batu Itam, Mulkan di Sijuk, Belitung, Rabu.

Menurut dia, dua kelompok tani yang menjadi penerima bantuan alat tersebut yaitu Kelompok Tani Sawah Harapan Baru serta Kelompok Tani Air Kemang.

"Masing-masing kelompok menerima dua alat kultivator yang besar dan kecil jadi semuanya empat unit," ujarnya.

Ia berharap, alat tersebut dapat membantu petani dalam mengolah lahan pertaniannya terutama untuk lahan sawah sehingga produksi padi meningkat guna mendukung ketahanan pangan di Desa tersebut.

"Alat tersebut bisa digunakan untuk membajak sawah kemudian membuat lajur pertanian sehingga dapat meringankan beban petani dalam mengolah lahan pertanian dengan menerapkan alat dan teknologi pertanian," katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sawah Harapan Baru Desa Batu Itam, Arman Suseno mengatakan bantuan alat tersebut dapat membantu petani dalam mengolah lahan.

"Kami sangat berterimakasih sekali bantuan ini sangat membantu petani dalam mengolah lahan karena kami akan memulai menanam dan menyemai pada bulan ini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021