Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menyediakan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah itu.

"Besaran dana yang disetujui dari APBD Rp15 miliar, itu anggaran yang disediakan untuk dua putaran," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah Suryansyah di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, dengan adanya ketentuan Pilkada satu putaran maka harus dihitung ulang berapa kebutuhan dana untuk Pilkada 2015.

"Ini juga terkait petunjuk teknis dari KPU RI, seperti apa proses tahapan yang akan dilalui  disesuaikan dengan anggaran berdasarkan Juknis dari KPU RI tersebut," jelasnya.

Ia menyatakan, hingga sekarang pihak KPU Bangka Tengah masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI terkait pelaksanaan Pilkada yang kemungkinan dilaksanakan Desember 2015.

"Sekarang ini masih tetap menunggu petunjuk teknis dari KPU RI setelah disetujui beberapa poin revisi dalam paripurna DPR RI," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pihak KPU RI melakukan teliti ulang poin revisi dan baru kemudian diterbitkan petunjuk teknisnya.

"Petunjuk teknis dari KPU RI ini disampaikan kepada seluruh kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada pada 2015," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya belum melakukan persiapan untuk Pilkada karena masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI.

"Kemungkinan petunjuk teknis tersebut sudah keluar pada Maret 2015 dan pra tahapan Pilkada akan dilaksanakan pada Juni dan tahapan dimulai Juli 2015," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015