Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak warga membangun solidaritas di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini.

"Tetap patuhi aturan kesehatan yang berlaku dalam aktivitas sehari-hari, selain itu kami mengajak masyarakat memastikan tidak ada warga yang kekurangan bahan makanan, jaga diri dan jaga tetangga," kata Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady di Pangkalpinang, Selasa.

Dengan saling menjaga antarwarga diharapkan pola pengendalian penularan COVID-19 semakin baik dan kasus per hari semakin menurun sehingga tidak perlu dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

"Kondisi pandemi hari ini jumlah kasus baru cenderung meningkat, jika pun terpaksa diberlakukan PPKM darurat, kami berharap pemerintah daerah dapat menjamin jangan sampai ada warga yang kelaparan," katanya.

Menurut Rio, pada saat PPKM darurat dilaksanakan akan terjadi pembatasan lebih dari yang ada sekarang, baik waktu bekerja maupun waktu masyarakat di luar rumah dan meminimalkan mobilitas.

"Tentu harapan kita bersama pandemi di Bangka Belitung dan Pangkalpinang dapat terus menurun dan tentu ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, aparat dan masyarakat itu sendiri," katanya.

Namun, jika hal terburuk terjadi, kasus semakin meningkat dan disepakati diambil kebijakan PPPM darurat, maka pemerintah baik pusat maupun daerah wajib memastikan tidak ada warga yang kelaparan akibat pembatasan sosial ini.

"Kami pun mengajak kepada masyarakat yang memiliki kelebihan rizki untuk dapat membantu warga sekitar, jangan biarkan ada warga yang tidak mendapatkan makanan ataupun bantuan kesehatan ketika mereka membutuhkan," katanya.

Pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan harus mengambil peran sebagai motor, mulai dari tingkat kecamatan hingga RT wajib mendukung kebijakan itu.

"Kami berharap kasus COVID-19 di Pangkalpinang dan Bangka Belitung penurunan, sehingga kita tidak perlu sampai melakukan skenario PPKM darurat," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021