Produksi lada putih di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hingga Agustus mencapai 3.100 ton dari target produksi lada pada tahun 2021 sebanyak 5.255 ton.

"Total produksi lada sementara ini tercatat sebanyak 3.100 ton," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Belitung, Hamzah di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, musim panen lada di daerah itu berlangsung sejak Juni hingga akhir Agustus maka dapat dipastikan sebagian besar petani telah selesai melakukan panen.

"Sekitar 90 persen petani lada sudah melakukan panen sekarang ini masih tersisa beberapa petani saja musim panen akan berlangsunh kembali Februari mendatang namun untuk buah penyela saja," ujarnya.

Ia menyebutkan, secara keseluruhan musim panen lada di daerah itu berlangsung lancar meskipun terjadi penurunan produksi akibat faktor cuaca yang tidak menentu.

"Memang produksi mengalami penurunan biasa sekali panen produksi bisa mencapai 5.000 ton sekarang berkisar 3.100 ton saja," katanya.

Disamping itu, tren harga lada pada tahun ini terus mengalami kenaikan sehingga menguntungkan petani ditengah situasi pandemi COVID-19.

"Sekarang ini harga lada berkisar antara Rp90 ribu sampai Rp98 ribu," ujar Hamzah.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021