Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat hari ini terjadi penambahan kasus baru sebanyak lima sehingga jumlah pasien aktif yang wajib isolasi menjadi 136 orang.

"Pengendalian penularan semakin baik dan kami juga mengapresiasi seluruh tim yang terlibat serta masyarakat yang telah ikut berperan serta dalam meminimalkan terjadinya penularan virus,"kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Meskipun jumlah kasus baru di daerah itu dalam dua pekan terakhir terus menurun, namun diharapkan masyarakat tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M dan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang masih dijalankan di daerah itu.

"Penting bagi warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan, jangan lengah dan tetap waspada. Selain itu ikuti vaksinasi COVID-19 di gerai-gerai yang sudah disediakan di setiap kecamatan dan Puskesmas," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebanyak lima kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang tercatat hari ini berasal dari Kecamatan Mentok empat orang dan satu dari Kecamatan Kelapa sehingga total pasien wajib isolasi menjadi 136 orang.

"Hari ini juga tercatat satu kasus pasien meninggal dunia di Kecamatan Parittiga sehingga total kasus meninggal dunia menjadi 123 selama pandemi berlangsung," katanya.

Putra menambahkan, hari ini tercatat sebanyak 23 pasien dinyatakan sembuh atau selesai isolasi, berasal dari Kecamatan Mentok 13 orang, Simpangteritip satu, Jebus dua, Kelapa dua dan Tempilang lima orang, sehingga total pasien sembuh menjadi 5.053 orang.

"Untuk jumlah kasus warga terkonfirmasi positif COVID-19 selama pandemi berlangsung sebanyak 5.312 orang," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021