Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 44 desa di daerahnya berjalan aman dan lancar.

"Saya memastikan pelaksanaan pilkades yang dilaksanakan hari ini di 44 desa berjalan aman lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya seusai menyampaikan hak suaranya di Desa Karya Makmur, Pemali, Rabu.

Dia menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri, Satpol PP yang telah mendukung pengamanan pilkades termasuk bagi warga yang sudah menyampaikan hak suara memilih salah satu kepala desa.

"Seorang kepala desa hasil pilihan warganya akan menentukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa," kata bupati.

Bupati menyarankan, bagi calon yang terpilih menjadi kepala desa selama masa kerjanya enam tahun harus bekerja untuk kepentingan masyarakat, membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

"Kepala desa dituntut bekerja yang transparan sesuai aturan, membangun komunikasi dengan warga, lembaga desa yang ada di desa serta mengedepankan bermusyawarah," katanya.

Bupati mengatakan, pilkades serentak yang dilaksanakan di daerahnya bersamaan dengan keberhasilan dalam penanganan pencegahan sebaran COVID-19 dengan turun level PPKM dari empat ke level tiga.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tony Marza mengatakan, pilkades serentak di 44 desa diikuti oleh 182 peserta.

Guna menjamin kelancaran pelaksanaan pilkades, kata dia, semua organisasi perangkat daerah (OPD) dilibatkan untuk membantu pengawasan karena pesta demokrasi tingkat desa berbeda dengan pemilihan kepala daerah yang terdapat lembaga pengawas pemilu.

Pilkades serentak 2021 diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 65 tahun 2017 serta peraturan lainnya yang menjadi referensi dasar kegiatan itu.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021