Upaya mengejar kekebalan kelompok atau herd immunity saat ini terus dikejar pemerintah Indonesia agar Indonesia bisa berpeluang lepas dari pandemi Covid-19. Salah satunya dengan vaksinasi. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam memerangi virus Corona dan memberikan kekebalan tubuh dari serangan virus tersebut.

Untuk itu daerah-daerah harus terus berpacu dalam memberikan vaksinasi bagi masyarakatnya, salah satunya Kepulauan Bangka Belitung. Seperti yang saat ini sedang dilaksanakan oleh anggota TNI Korem 045 Garuda Jaya.

Kegiatan vaksinasi sekaligus penyerahan 500 paket sembako ini merupakan inisiasi dari alumni AKABRI 1989 sebagai bentuk pengabdian TNI-Polri kepada bangsa dan negara yang dilaksanakan di Makorem 045 Garuda Jaya, Kamis (28/10/21).

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD provinsi Kep. Bangka Belitung, Herman Suhadi, S.Sos menyampaikan bahwa peran TNI-Polri dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sangat dibutuhkan. Kehadiran TNI-Polri di bumi serumpum sebalai termasuk daerah lain di Indonesia adalah untuk mengemban tugas Negara guna melindungi segenap Rakyat Indonesia.

"TNI-Polri itu hadir dari, oleh dan untuk rakyat, sehingga kegiatan yang menyangkut keselamatan rakyat TNI-Polri harus turut hadir," katanya.

Lebih lanjut politisi PDI-P ini mengatakan target percepatan vaksinasi yang saat ini telah mencapai 60 persen lebih tidak akan tercapai jika tidak ada campur tangan dari TNI-Polri dan dukungan stakeholder yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang saat ini dinilai dapat mengakhiri pandemi selain tetap menjalankan protokol kesehatan. Untuk itu dirinya mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pencapaian tersebut.

"Atas nama seluruh masyarakat kepulauan Bangka Belitung, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak/ibu yang menjadi pahlawan kesehatan dalam memerangi Covid-19. Vaksin adalah cara yang paling ampuh dalam membentuk kekebalan kelompok. Jadi jangan takut untuk di vaksin" ucapnya.

Di kesempatan yang sama Danrem 045 Garuda Jaya menyampaikan bahwa capaian vaksinasi di Kepulauan Bangka Belitung telah menunjukkan kearah yang lebih baik yaitu di angka 62 persen diatas angka rata-rata nasional. Untuk itu dirinya mengajak seluruh masyarakat agar bersedia untuk di vaksin sehingga pandemi dapat teratasi dan kegiatan masyarakat dapat berjalan kembali dengan normal.

"Kami dari TNI menganggap Covid-19 adalah musuh, sehingga untuk memenangkan pertempurannya hanya ada 2 cara. Disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi," tegasnya.

"Program vaksinasi ini diharapkan dapat membentuk kekebalan kelompok, sehingga aktivitas masyarakat dapat normal kembali," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021