Pemerintah Kabupaten Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 2.196 dosis vaksin COVID-19 setiap hari untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada warganya.

"Setiap harinya kita buka sekitar 20 gerai serbuan vaksin, baik yang berada di lokasi strategis maupun yang bergerak dengan mendatangi langsung warga di pelosok atau di sekolah-sekolah, pondok pesantren, dan lainnya," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Dia mengimbau warga yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19 atau yang sudah waktunya menerima vaksinasi dosis kedua segera mendatangi tempat-tempat pelayanan vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah.

"Vaksinasi perlu dilakukan untuk melindungi diri agar tidak mengalami gejala berat pada saat tertular virus, sehingga petugas kesehatan di unit pelayanan kesehatan khusus pasien COVID-19 bisa fokus menangani pasien yang benar-benar memiliki gejala berat," katanya.

Di Kabupaten Bangka Barat, menurut data pemerintah daerah jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama sebanyak 120.832 orang atau 76,5 persen dari 157.934 warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

Warga yang sudah mendapat suntikan dosis kedua vaksin atau sudah selesai menjalani vaksinasi tercatat 79.835 orang atau 50,5 persen dari target vaksinasi.

"Kami juga telah memberikan vaksin dosis tiga atau booster kepada para petugas kesehatan, dari sebanyak 1.242 sasaran yang sudah disuntik vaksin melebihi target, yaitu 1.272 orang atau 102,42 persen," kata Putra.

Kepolisian Resor Bangka Barat mendukung upaya pemerintah daerah mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, antara lain dengan menggerakkan warga untuk menjalani vaksinasi.

"Dengan menggencarkan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya mendapatkan suntikan vaksin," kata Kepala Polres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto. 

"Bagi para lansia yang tidak bisa ke gerai, personel juga memberikan pelayanan jemput-antar untuk meningkatkan cakupan," ia menambahkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021