Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan berkas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) ke Komisi Pemulihan Umum Daerah (KPUD) setempat untuk disampaikan kepada para peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015.

"Kami berharap berkas RPJPD tersebut bisa dijadikan pedoman dalam penyusunan dan perumusan visi, misi dan program calon kepala daerah peserta Pilkada 2015," ujar Kepala Bidang Data dan Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, RPJPD yang disampaikan tersebut merupakan rencana pembangunan yang sudah ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perubahan atas peraturan daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Kabupaten Bangka Barat tahun 2005-2025.

Langkah penyampaian RPJPD ke KPU setempat, kata dia, merupakan bentuk keseriusan pemkab setempat dalam perencanaan pembangunan sekaligus tindak lanjut pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyebutkan RPJPD menjadi pedoman dalam perumusan visi, misi dan program calon kepala daerah.

"Kami berharap para peserta Pilkada 2015 nanti dalam menyusun visi misi tidak lari dari rencana pembangunan jangka panjang tersebut sehingga pembangunan masyarakat dan daerah berjalan berkelanjutan," kata dia.

Ia berharap KPU Kabupaten Bangka Barat selanjutnya menyampaikan perda tersebut kepada para calon bupati dan wakil bupati untuk dijadikan pedoman menyusun visi misi dan dapat dilaksanakan oleh kepala daerah terpilih.

Penyerahan berkas secara simbolik dilakukan di ruang Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat yang diterima langsung Komisioner KPU setempat, Pardi.

Jadwal pendaftaran peserta pilkada akan dibuka mulai 26 hingga 28 Juli 2015, namun sampai saat ini peta politik di daerah terus berkembang dan belum ada satu partai politik yang berani mendeklarasikan pasangan calon yang akan diusung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015