Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan peningkatan ekonomi nelayan di daerah itu dengan berbagai program bantuan sarana dan prasarana kerja penangkapan.

"Program bantuan sarana dan prasarana untuk nelayan hampir setiap tahun disalurkan kepada kelompok nelayan seperti kapal penangkapan, jaring ikan (gill net) dan alat pendukung yang lain," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Minggu.

Pada 2021, disalurkan lima kapal penangkap ikan untuk kelompok nelayan di Kecamatan Puding Besar dan Riau Silip kemudian dilanjutkan pada 2022 bantuan serupa dengan jumlah yang sama.

Bantuan sarana dan prasarana kapal penangkapan ikan berbahan fiber glass kapasitas tiga gross ton tahun ini disalurkan ke kelompok nelayan di Kecamatan Puding Besar, Kecamatan Mendo Barat dan Kecamatan Riau Silip.

"Selain jaring ikan, kapal penangkapan ikan yang disalurkan tersebut dilengkapi dengan GPS tangan dan Cool Box atau tempat penyimpanan ikan," katanya.

Mulkan mengatakan, dukungan bantuan kepada nelayan merupakan bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Bangka untuk mewujudkan misi dan visi Bangka Setara.

Dikatakan, perhatian pihaknya tidak hanya pada penangkapan ikan namun juga memberikan pembinaan dan bantuan kepada kelompok pengelola hasil perikanan yang dikembangkan pada skala usaha mikro kecil dan menengah.

"Saya minta semua bantuan tersebut hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai peruntukannya agar tujuan pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat nelayan dapat tercapai," kata dia.

Wilayah Kabupaten Bangka memiliki potensi sumber daya hayati yang cukup besar dan jika dikelola dan dikembangkan dengan baik akan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nelayan penerima bantuan alat tangkap perikanan, akan diawasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam membantu meningkatkan pendapatan keluarga nelayan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022