Realisasi layanan vaksinasi penguat "Booster" di semua kelompok usia wajib vaksin di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Jumat (4/11) tercapai 31,04 persen atau 68.587 orang dari target sasaran 287.667 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti di Sungailiat, Sabtu mengatakan capaian vaksin penguat sebesar 31,04 persen meliputi kelompok SDM kesehatan, petugas publik, lanjut usia, masyarakat umum dan rentan, ibu hamil dan menyusui, pra lansia termasuk kelompok penyandang disabilitas.

Untuk vaksinasi dosis pertama pada kelompok usia wajib vaksin dan sasaran yang sama berdasarkan data pelayanan vaksin Kabupaten Bangka terdata 236.577 orang atau 82,24 persen sedangkan vaksin dosis kedua 70,01 persen atau 201.382 orang.

Sementara layanan vaksin penguat dosis dua saat ini baru menyasar kelompok SDM kesehatan yang baru terealisasi 38,51 persen atau 1.165 orang dari target 3.025 orang.

"Progress capaian masyarakat penerima vaksin tersebut dipastikan masih akan meningkat sebab setiap hari di buka puluhan gerai vaksinasi," jelas dia.

Then Suyanti minta masyarakat usia wajib vaksin yang belum memperoleh layanan vaksin baik dosis pertama, kedua maupun vaksin penguat hendaknya segera mendaftar di gerai layanan vaksin terdekat.

"Selain wajib mendapatkan suntik vaksin, masyarakat juga harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat potensi sebaran virus corona masih dapat terjadi di tengah masyarakat," ujarnya.

Masyarakat yang berhalangan mendapatkan vaksin di siang hari, kata dia, dapat mendapatkan vaksin malam hari setiap Jumat malam dan Sabtu malam di balai FKMP Sungailiat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022