Sebanyak 17.732 atau 80,71 persen dari 21.970 warga sasaran usia remaja di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menerima vaksinasi dosis pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah dr Anas Maarif di Koba, Minggu, mengatakan persentase vaksinasi kalangan remaja sudah tergolong tinggi.

"Sedangkan remaja yang sudah vaksinasi dosis kedua tercatat sebanyak 15.586 atau 70,94 persen," kata Anas.



Namun, penyuntikan vaksin untuk dosis ketiga atau penguat bagi kalangan remaja baru tercatat 0,9 persen atau sebanyak 20 orang dari total sasaran.

"Jumlah kalangan remaja yang sudah suntik vaksin dosis penguat masih rendah, karena itu terus kita dorong, sebab kalangan remaja termasuk golongan yang riskan terpapar," katanya.

Anas mengatakan hingga sekarang program vaksinasi di Bangka Tengah secara keseluruhan untuk semua golongan sudah mencapai 83,80 persen dari total 153.277 warga sasaran.

"Kita sudah mencapai angka rata-rata nasional dan terus digencarkan menjelang akhir tahun," ujarnya.

Pemerintah daerah melakukan percepatan program vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal sebelum Natal dan Tahun Baru 2022.
 

Total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sejak 2020 hingga sekarang tercatat sebanyak 8.136. Dari angka 8.136 itu, sebanyak 201 orang meninggal dunia dan sisanya dinyatakan sembuh.

Anas mengimbau warga tetap menaati protokol kesehatan COVID-19 kendati kasusnya sudah mulai melandai sejak Mei 2022.

"Kasusnya sudah mulai melandai, tapi kami imbau warga tidak lengah, karena virus corona belum hilang. Saat ini kita menemukan tiga kasus baru, setelah sebelumnya sempat nol kasus selama beberapa bulan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022