Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengaktifkan kembali Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di pelabuhan perikanan setempat guna meningkatkan pendapatan nelayan di daerah itu.

"Kami akan segera mengaktifkan kembali TPI karena sebelumnya memang sudah lama tidak aktif," kata Kepala PPN Tanjung Pandan, Arif Usman di Tanjung Pandan, Sabtu.

Arif menyampaikan ini ketika menerima kunjungan dan audiensi ketua beserta para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Belitung masa bakti 2022-2027

Dirinya menyayangkan TPI di PPN Tanjung Pandan sudah lama tidak aktif padahal bangunan dan fasilitas di dalamnya sudah tersedia.

"Kami akan benahi pelan-pelan karena saya juga baru dua bulan menjabat sebagai Kepala PPN Tanjung Pandan," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah TPI tersebut difungsikan atau aktifkan kembali maka mereka akan melakukan diskusi dengan nelayan di pelabuhan perikanan setempat terkait sistem di dalamnya.

"Apakah nanti ada lelang atau tidak kami tidak bisa memaksakan dan kembali kepada nelayan namun pada intinya TPI itu kita aktifkan dulu," katanya.

Selain itu, lanjut Arif, pihaknya juga akan membenahi kondisi kolam di PPN setempat sehingga proses sandar kapal dan bongkar muat hasil tangkapan nelayan rapi dan teratur.

"Kondisi kolam memang seperti itu tidak ada penambahan namun jumlah kapal nelayan semakin banyak maka harus dilakukan penataan," ujarnya.

PPN Tanjung Pandan juga memprioritaskan kapal penangkap ikan yang menggunakan es untuk sandar dan melakukan bongkar hasil tangkapan lebih awal.

Sedangkan kapal-kapal non penangkap ikan waktu sandar di atas pukul 16.00 WIB atau ketika kondisi gudang atau unit pengolahan ikan (UPI) sudah tutup.

"Kapal-kapal nelayan dengan menggunakan es kami prioritaskan dulu karena berkaitan dengan kualitas hasil tangkapan ikan mereka kalau terlambat sedikit kualitas ikan menurun dan berpengaruh terhadap nilai jual," kata Arif.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023