Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto memantau pelaksanaan tes asessment lelang jabatan untuk empat pejabat eselon II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung di ruang CAT kantor Gubernur Babel.

"Dari 48 pendaftar, hanya 40 yang lulus administrasi dan ikut asessment. Selain dari Pemprov Babel, para pendaftar banyak berasal dari kabupaten Belitung, Belitung timur, Bangka tengah dan kota Pangkalpinang," kata Sekda Naziarto usai memantau pelaksanaan tes di Pangkalpinang, Kamis.

Naziarto mengatakan, berdasarkan hasil seleksi administrasi, ada 48 orang yang mendaftar di lelang jabatan empat posisi pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel untuk di tempatkan di Biro Hukum Setda Pemprov Babel, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Tenaga kerja dan Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP).

Dari hasil verifikasi, hanya ada 8 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) di seleksi awal ini sehingga hanya menyisakan 40 peserta yang mengikuti tes asessment yakni, tujuh orang untuk Kepala Biro Hukum, tiga orang untuk Direktur RSUP Ir Soekarno, sembilan orang untuk Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora), dan 21 orang yang mendaftar untuk posisi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Mereka yang tidak memenuhi syarat itu karena masa kerja belum memenuhi persyaratan atau belum mencapai tiga tahun, ada juga yang tidak sesuai dengan batas usia, surat keterangan sehat bukan nama yang bersangkutan, berkas yang dikirim melewati batas akhir pendaftaran serta pangkat/golongan tidak memenuhi syarat pengangkatan yang dilamar.

"Setelah lulus mengikuti asessment mereka akan membuat karya ilmiah dan mengikuti tes wawancara, kemudian hanya 12 orang yang lulus. Setelah itu tim pansel juga akan melihat rekam jejaknya karena satu jabatan itu tiga orang saja yang akan masuk ke tahap akhir," ujarnya. 

Sebelum diumumkan 4 orang yang memenuhi syarat menempati posisi jabatan eselon II ini, Tim Pansel akan menyampaikan hasil seleksi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin yang akan turut menentukan hasil final dari seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemprov Babel.

"Kita akan berdiskusi dengan Pj Gubernur untuk siapa yang berpotensi menduduki empat jabatan eselon II ini. Hasilnya akan diumumkan pada 28 Februari mendatang," tutup Sekda Naziarto.

Tim pansel untuk seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ada lima orang yakni, Sekda Babel Naziarto, Kepala BKPSDM Babel Susanti, Profesor Zudan dari Kemendagri RI, Profesor Ibrahim dari Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Dr Herman dari Kementrian PAN-RB.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023