Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meminta Galeri Dekranasda dapat menjadi rumah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memajang dan memasarkan produk kreatif.

"Galeri UMKM yang diprakarsai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) ini sebagai market untuk menyalurkan bakat dan minat perajin dalam memproduksi produk kreatif," kata Bupati seusai meresmikan Galeri Dekranasda di Pantai Kebang Kemilau Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

Bupati mengajak para pelaku UMKM untuk menjadikan galeri tersebut sebagai rumah untuk memajang dan memasarkan produk kreatif.

"Ini juga menjadi rumah bagi para pelaku UMKM, bahkan produk yang ditawarkan lebih selektif dengan syarat sudah berlabel halal," kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan good manufacturing practices (GMP) yang merupakan persyaratan dasar bagi industri makanan, kosmetik, dan farmasi untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan higienis.

"GMP ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka, terutama label halal sebuah produk itu penting untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen," katanya.

Ketua Dekranasda Bangka Tengah Eva Algafry mengatakan pendirian Galeri Dekranasda sebagai wadah promosi karya perajin dengan harapan bisa bermanfaat dan terus berkembang.

"Kami ingin galeri ini menjadi warna baru di Bangka Tengah dan dibuka tiap hari, tak terkecuali pada Sabtu dan Minggu untuk menarget para pengunjung di hari libur," ujarnya.

Menurut dia, produk yang ditawarkan sangat banyak, mulai dari kerajinan pangan hingga aneka makanan.

"Karena ini galeri pertama, akan kami evaluasi terlebih dahulu, melihat perkembangannya, mulai dari antusiasme masyarakat dan semangat para perajin untuk memproduksi produk kreatif," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023