Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak para Duta Genre ikut menggencarkan kampanye stop narkoba untuk membantu pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika di daerah itu.

"Narkotika dan zat adiktif lain sangat berbahaya untuk masa depan bangsa, untuk itu kita harus selalu bergerak bersama-sama untuk memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Jumat.

Menurut dia, peredaran dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif masih menjadi ancaman bagi tumbuh kembang generasi muda, dan perlu gerakan nyata untuk bersama-sama memerangi hal tersebut.

Pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah terkait akan terus berupaya meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan.

"Namun pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan banyak pihak. Kami berharap para Duta Genre bisa ikut berperan aktif dalam kampanye stop narkoba ini," katanya.

Menurut dia, ajang pemilihan Duta Genre yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka Barat merupakan kegiatan positif yang perlu terus dikembangkan agar generasi muda di daerah itu semakin kreatif dan mampu mendukung berbagai upaya pemerintah dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia yang ada.

"Melalui tema Kreatif Berencana, Stop Narkoba dan Stunting Menuju Indonesia Emas ini kami harapkan adanya langkah nyata untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi beberapa permasalahan itu," katanya.

Selain upaya tersebut, kata dia, generasi muda juga perlu meningkatkan kualitas diri sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman yang saat ini serba digital.

Sukirman berpesan agar generasi muda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut secara bijaksana untuk mendorong talenta yang dimiliki agar semakin berkembang.

"Teruslah berkarya dengan berinovasi dan berkreasi. Stop dan jauhi narkoba, karena itu sangat merusak diri jiwa dan raga, serta merugikan orang lain terutama orang tua," katanya.

Genre merupakan akronim dari generasi berencana yang dilaksanakan pemerintah untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas menuju Indonesia Emas dengan beberapa program yang dijalankan, antara lain mencegah terjadinya pernikahan dini, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

Para Duta Genre diharapkan dapat berperan aktif, berkomitmen dan berkolaborasi dalam menjalankan program kerja yang sudah diemban.

"Program seperti ini penting dilakukan untuk para remaja, kami juga mengingatkan kepada para orang tua untuk selalu dekat dengan anak-anak agar selalu ceria dan bahagia, memberikan pendidikan moral dan mengingatkan agar selalu dekat dengan Tuhan," demikian Sukirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023