Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta Presiden RI Joko Widodo menunjuk putra daerah sebagai Pj gubernur provinsi itu.

Ketua DPD LPM Bangka Belitung, Subri, Senin, mengatakan hari ini pihaknya menemui Ketua DPRD Babel Herman Suhadi untuk menyampaikan aspirasi terkait penunjukan jabatan Pj Gubernur Bangka Belitung.

"Tadi siang kami sudah menyampaikan beberapa pernyataan sikap dan didengar langsung Ketua DPRD Babel," katanya.

Subri mengatakan setidaknya ada 9 poin pernyataan sikap yang disampaikan kepada Ketua DPRD Babel, yaitu meminta kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk menunjuk PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Betung yang sesuai aspirasi masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk menunjuk Pj Gubernur Bangka Belitung yang memahami kondisi sosial masyarakat Bangka Belitung. 

"Kami meminta kepada presiden Joko Widodo untuk menunjuk Pj Gubernur Bangka Belitung yang berasal dari putra daerah," katanya.

Dikatakannnya, pihaknya juga meminta kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengajukan kepada Presiden Joko Widodo hanya nama-nama yang diusulkan oleh DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sesuai dengan aspirasi masyarakat. 

"Kami menolak PJ Gubernur yang bukan berasal dari usulan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tegasnya. 

Selanjutnya DPD LPM Babel juga menolak usulan PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tidak pernah memahami kondisi sosial dan budaya masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. 

Untuk itu, pihaknya menghendaki PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah sangat paham tentang masyarakat Babel. 

"Kami mengusulkan PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah sangat memahami tentang masyarakat Babel dan juga putra daerah. Untuk itu kami mengusulkan kepada Presiden Bapak Joko Widodo dan Mendagri Bapak Tito Karnavian untuk menunjuk Dr. Naziarto sebagai Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Sebelumya, DPRD Kepulauan Bangka Belitung melalui Pimpinan menyampaikan surat ke Mendagri dengan nomor : 160/303/DPRD tanggal 9 Maret 2023, telah mengusulkan tiga nama sesuai dengan yang tercantum pada Berita Acara Nomor : 188.4/2/PIM-DPRD/2023 tanggal 8 Maret 2023, yaitu Kemas Akhmad Tajjudin, Naziarto dan Yan Megawandi.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023