Sebanyak 732 calon mahasiswa baru (maba) dari 17 Provinsi yang ada di Indonesia dinyatakan lulus di perguruan tinggi negeri, Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP).

"Hingga saat ini ada  2.616 calon mahasiswa baru yang mendaftar di UBB. Untuk jalur SNBP peserta yang lulus ada 732 orang," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Nizwan Zukhri di Pangkalpinang, Rabu.

Nizwan mengatakan UBB membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yakni seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP), seleksi nasional berbasis tes (SNBT) dan seleksi melalui jalur mandiri. Peserta yang tidak lulus di jalur SNBP dapat mengikuti jalur SNBT ataupun jalur mandiri.

Kriteria dari penilaian jalur SNBP merupakan seleksi tanpa test, namun berdasarkan nilai raport dari semester satu hingga lima dan ditambah penilaian lain seperti prestasi-prestasi yang pernah diraih siswa siswi disekolah.

Jumlah program studi (prodi) yang ditawarkan UBB juga ada 26 prodi, dan tingkat persaingan tertinggi di jalur SNBP ini adalah prodi manajemen yang jumlah pendaftarannya lebih dari 600 orang, namun yang diterima hanya 40 orang.

"Selain itu prodi akuntasi untuk keperawatan dan teknologi manajemen juga banyak pendaftarnya, namun tingkat penerimaannya 1:10, misalkan 10 yang mendaftar hanya 1 yang diterima," ujarnya. 

Sedangkan untuk jumlah pendaftar terbanyak dari 17 Provinsi adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berasal dari kota Pangkalpinang. Setelah itu barulah diikuti Provinsi Sumatera Utara, Sumatera selatan, Kalimantan selatan, Jawa Barat, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bali, DKI dan Jawa Timur. 

Nizwan menambahkan, kepada calon mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SNBP diharapkan untuk tidak lupa melakukan registrasi ulang terkait verifikasi data calon mahasiswa.

Jika calon mahasiswa tidak melakukan registrasi ulang hingga batas yang ditentukan pada tanggal 14 April 2023 nanti, kelulusan tersebut dapat digugurkan oleh pihak UBB.

"Apabila tidak melakukan verifikasi ulang maka UBB berhak membatalkan kelulusan mahasiswa baru yang lulus dari jalur SNBP ini," tegas Nizwan.

Beberapa ketentuan untuk melakukan registrasi ulang yakni, menyerahkan biodata, berkas Administrasi (surat penghasilan orangtua, KK, kepemilikan rumah, kendaraan, foto rumah, dan lain-lain).

Membuat KIP-K (SKTM, Kartu KIP-K, BSM, KPS). Khusus untuk D3 Keperawatan harus melampirkan surat keterangan sehat, tidak buta warna, tinggi badan 155 cm untuk laki-laki dan 150 cm untuk perempuan karena berdasarkan SK Rektor 18.2/UN50/SP/I/2023 syarat khusus penerimaan mahasiswa baru program studi D3 Keperawatan.

Setelah itu melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Calon mahasiswa dapat mengunggahnya pada laman https://ubb.siakadcloud.com/spmbfront/login dengan melengkapi semua persyaratan.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023