Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka Barat bersama sejumlah instansi terkait memantau kesiapan kantung parkir yang disiapkan untuk mendukung kelancaran arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Kami berharap dengan adanya kantung parkir yang memadahi ini bisa mendukung kelancaran arus mudik Hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Senin.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres Catur Prasetiyo bersama Bupati Bangka Barat Sukirman turun langsung ke lapangan untuk memantau kesiapan lahan dan berbagai fasilitas pendukung di kantung parkir yang telah disiapkan di lahan yang berada di samping kawasan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok.

Baca juga: Bangka Barat siapkan dapur umum untuk para pemudik

Selain itu, rombongan juga memastikan lahan kantung parkir alternatif di kawasan Objek Wisata Pantai Baturakit yang letaknya tidak terlalu jauh dari kantung parkir pertama juga dalam kondisi siap pakai.

"Kita juga ingin memastikan jalan penghubung dua lokasi kantung parkir itu sudah siap untuk dilalui kendaraan para pemudik," ujarnya.

Forkopimda juga memastikan ketersediaan sarana dan prasarana publik yang dibutuhkan oleh para pemudik seperti, tempat istirahat, Mushala, kamar mandi, toilet, posko pengamanan yang ada di dua lokasi itu agar para pemudik dapat melaksanakan perjalanan dengan aman, lancar dan nyaman.

Baca juga: ASDP Tanjungkalian memberlakukan tarif penyeberangan normal

"Kita sudah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para pemudik, kami berharap agar seluruh fasilitas yang telah disiapkan dapat bermanfaat dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk semua pemudik," katanya.

Dua lokasi kantung parkir yang disiapkan diperkirakan mampu menampung sekitar 900 unit mobil, keberadaan kantung parkir di lokasi itu diharapkan bisa meminimalkan terjadinya antrean kendaraan di pinggir jalan utama yang menghubungkan pusat Kota Mentok dengan Pelabuhan Tanjungkalian.

Jika seluruh antrean kendaraan pemudik bisa ditampung di dua lokasi kantung parkir itu diharapkan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan utama tersebut.

Baca juga: Bangka Barat siapkan tambahan lokasi tampung kendaraan pemudik

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023