Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih petani di daerah itu membudidayakan tanaman bawang merah guna meningkatkan produksi komoditas tersebut.

"Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada petani mengenai budi daya bawang merah yang baik dan benar," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Babel, Rabu.

Menurut dia, pelatihan tersebut diberikan kepada 15 orang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tanam Tumbuh Sejahtera (TTS) Desa Terong, Sijuk.

Dikatakan Tenny, pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan petani lokal dalam membudidayakan tanaman bawang merah.

"Melalui pelatihan ini petani diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang budi daya bawang merah," ujarnya.

Adapun materi pelatihan meliputi pengolahan lahan, media tanam dan lainnya yang diberikan dalam sebanyak lima kali pertemuan.

"Pelatihan ini adalah sekolah lapang sehingga ada teori serta praktik di kebun mereka nanti," katanya.

Ia berharap melalui pelatihan tersebut petani di Belitung dapat membudidayakan tanaman bawang merah dengan baik guna meningkatkan produksi bawang merah lokal.

Ia pun mendorong petani membudidayakan tanaman bawang merah dengan sistem pertanian ramah lingkungan.

"Sehingga produksi bawang merah meningkat serta aman dikonsumsi oleh masyarakat," ujarnya.

Ia optimistis melalui pelatihan tersebut petani dapat mengembangkan tanaman bawang merah sebagai komoditas unggulan hasil pertanian desa setempat.

"Karena, produksi bawang merah untuk Belitung masih sangat kecil dan tergantung dengan pasokan dari luar daerah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023