Komandan Distrik Militer (Dandim) 0414/Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad, mengajak masyarakat di daerah itu untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka menyambut HUT RI ke - 78, mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2023. .

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78, mulai hari ini sampai akhir Agustus 2023 mendatang," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Ia mengatakan instansi pemerintah, swasta, perkebunan, sekolah, kampus dan lainnya diharapkan turut serta memasang bendera dan umbul-umbul guna memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut dia, pengibaran bendera merah putih tersebut mulai dilakukan pada 1-31 Agustus mendatang.

"Masyarakat bisa memasang atau mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah masing-masing," ujarnya.

Dandim menambahkan, melalui pengibaran bendera merah putih ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta terhadap Tanah Air.

"Jangan sampai rasa cinta Tanah Air kita berkurang di tengah derasnya kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini," katanya.

Ia menjelaskan, peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia adalah momentum sakral yang diperingati setiap tahunnya.

"Walaupun kita tidak mengalami bagaimana aksi heroik para pahlawan kemerdekaan dalam perjuangannya merebut kemerdekaan. Namun kita dapat belajar pada pengalaman para sesepuh kita yang masih hidup dan terlibat langsung dalam upaya perjuangan merebut kemerdekaan," ujarnya.

Ia berharap, rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat senantiasa terjaga, jangan sampai ada disintegrasi bangsa atau perpecahan.

"Apalagi saat ini kita memasuki tahun politik jangan sampai terjadi perpecahan dan permusuhan karena berbeda pilihan, kita harus senantiasa merawat persatuan dan keutuhan bangsa," katanya.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023