Ketua Tim Supervisi dan Asistensi Training Of Trainer (TOT) Pengemban Strategi Polmas Mabes Polri Kombes Pol Trihadi Kuncahyo minta seluruh personel Polisi Rukun Warga (RW) di Polres Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mampu membantu  persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Personel polisi RW hendaknya dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh dengan rasa tanggung jawab sehingga citra kepolisian di mata masyarakat semakin baik," kata dia saat melakukan kunjungan kerja sekaligus sosialisasi Polisi Rukun Warga (RW), di Polres Bangka, Rabu.

Dia mengatakan personel Polisi RW dituntut memiliki ketrampilan individu yang baik serta berpengalaman mengenal di wilayah binaan.

Polisi RW merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan 68 Polisi RW

Polisi RW bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, RT/RW dan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi. 

Kombes Pol.Trihadi Kuncahyo menginginkan agar permasalahan yang dihadapi masyarakat dapat diselesaikan dengan baik oleh Polisi RW sehingga tidak harus diselesaikan melalui jalur hukum.

Sementara Kapolres Bangka, AKBP Taufik Noor Isya mengatakan, jumlah personel polisi RW di wilayah hukum itu tercatat sebanyak 94 personel.

"Saya berharap Tim Supervisi dari Maber Polri dapat memberikan arahan dan bimbingan terkait dengan polisi RW sehingga dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik," kata Kapolres.

Baca juga: Polres Bangka Barat canangkan program Polisi Rukun Warga

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023