Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Kantor Imigrasi Kota Pangkalpinang, untuk pelayanan dan penerbitan paspor cepat.

"Kita gandeng Kantor Imigrasi dalam pembuatan paspor ini, mengingat tingginya animo masyarakat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Sabtu.

Ia menjelaskan program layanan penerbitan paspor ini dibuka di daerah itu untuk memudahkan warga dalam mendapatkan paspor tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi Pangkalpinang.

"Pelayanan paspor ini kita buka pada jadwal tertentu dengan mendata identitas warga yang ingin mendapatkan paspor," katanya.

Baca juga: Kemenkumham Babel buka layanan "Paspor Merdeka"

Yuri mengatakan, untuk mengantisipasi waktu, maka untuk pendaftaran pertama dibatasi jumlahnya yaitu  sebanyak 40 orang pendaftar pertama.

"Jika jumlahnya lebih dari 40 orang, maka dibuka kembali pada gelombang berikutnya," ujarnya.

Ia mengatakan untuk masyarakat yang membutuhkan paspor ini bisa melakukan pendaftaran dengan menghubungi ke nomor WhatsApp 0811 782 261.

Baca juga: Imigrasi Pangkalpinang kembali buka layanan paspor di Bangka Selatan

"Tentu kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini karena pelayanan imigrasi berada di Toboali tanpa perlu ke kota Pangkalpinang lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, program pelayanan paspor dilaksanakan karena banyaknya warga setempat yang melakukan perjalanan ke luar negeri dan perjalanan haji serta umroh.

"Selain layanan pembuatan paspor baru, juka dibuka layanan untuk perpanjangan bagi warga yang sebelumnya sudah memiliki paspor," ujarnya.

Baca juga: Ditjen Imigrasi kenalkan paspor elektronik lembar polikarbonat

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023