Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta seluruh anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) di daerah itu membantu mensosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat.

"Saya minta seluruh anggota Satlinmas yang mencapai 1.822 orang dapat membantu mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024 dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak langsung ke masyarakat," kata Bupati Bangka, Mulkan saat membuka kegiatan pembekalan Satlinmas Pemilu 2024.

Sosialisasi Pemilu 2024 oleh Satlinmas, kata Mulkan, sebagai upaya mewujudkan terselenggara Pemilu 2024 mendatang berjalan aman dan lancar dengan dukungan partisipasi penuh dari masyarakat.

Mulkan mengungkan sosialisasi ini sangat diperlukan, terutama masyarakat di wilayah pedesaan belum semuanya mengetahui Pemilu 2024 baik waktu pelaksanaan atau jadwal tahapan pemilu yang lain.

Baca juga: KPU Bangka Barat buka tanggapan masyarakat terkait penetapan DCS anggota DPRD

"Dengan keterbatasan akses informasi bagi masyarakat pedesaan, sosialisasi langsung oleh petugas Satlinmas menjadi pilihan yang efektif," jelas dia.

Mulkan mengatakan, pengetahuan kepemiluan oleh seluruh masyarakat dilanjutkan dengan dukungan partisipasi menyampaikan hak suara pada hari pencoblosan akan menentukan pembangunan negara lima tahun ke depan.

Dia mengingatkan seluruh anggota Satlinmas agar dapat berkoordinasi dengan petugas TPS agar pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.

"Saya minta seluruh lapisan masyarakat untuk saling menghargai perbedaan pilihan, dalam suatu negara berdemokrasi perbedaan pilihan adalah hal yang wajar, menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus diutamakan," kata Mulkan.

Baca juga: Bawaslu Pangkalpinang siap sukseskan Pemilu 2024

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023