Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pengembangan usaha tambak udang vaname skala rakyat.

"Kita terus dorong para pembudidaya untuk mengembangkan usaha tambak udang skala rakyat ini, karena memiliki prospek ekonomi," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, saat ini sudah mulai dikembangkan tambak udang vaname skala rakyat sebagai percontohan di Desa Kurau Barat.

"Perkembangannya sangat baik. Sudah tiga kali panen siklus ke tujuh dengan produksi mencapai ratusan ton," ujarnya.

Menurut dia, usaha tambak udang vaname skala rakyat mampu menjadi sumber dan pondasi ekonomi masyarakat.

"Jadi kita harus fokus membudidayakan udang vaname, dan ini sudah mulai dikembangkan para pembudidaya yang tergabung dalam kelompok," ujarnya.

Imam mengatakan, budi daya udang vaname menyumbang hampir 60 persen produksi perikanan budidaya di daerah itu.

"Produksi udang vaname disumbangkan dari tambak rakyat dan juga tambak udang vaname yang dikelola pihak perusahaan," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sembilan perusahaan yang mengembangkan usaha tambak udang vaname di daerah itu dengan total produksi pada 2022 sebanyak 1.646 ton.

"Namun saat ini kita fokus dalam pengembangan usaha udang vaname skala rakyat yang mampu memberikan efek terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023