Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan kerangka strategis anggaran dengan menjalankan program yang menjadi prioritas.

"Kita akan mengambil langkah strategis dan fokus pada perbaikan anggaran yang akan dijadikan prioritas," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Bupati mengatakan itu menyikapi hasil rapat  rapat "kick off" evaluasi perencanaan dan penganggaran bersama pihak Kantor Perwakilan Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP).

Baca juga: Pj Gubernur minta Bangka Tengah mengoptimalkan anggaran tuntaskan stunting

"Dalam rapat tersebut kita sudah sepakat kerangka anggaran difokuskan pada  pada lima program prioritas, yaitu pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, ketahanan pangan, pemberdayaan UMKM dan pariwisata," jelas bupati.

Pihaknya akan menyelaraskan arahan dari BPKP terkait optimalisasi anggaran pada kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Bangka Tengah.

"Kita di Bangka Tengah ini pada prinsipnya selalu mendukung dan akan menyesuaikan program ataupun instruksi pemerintah pusat terkait pembangunan," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah usulkan anggaran stimulus nelayan ke KKP

Bangka Tengah akan membuat program dan kegiatan yang mendukung sasaran strategis di semua organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga penggunaan anggarannya lebih produktif dan tepat sasaran.

"Dengan menerapkan kerangka strategis anggaran, maka penggunaan anggaran dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya.

Kepala Perwakilan BPKP Babel Faeshol Cahyo Nugroho mengatakan bahwa pihaknya memiliki peran untuk mengarahkan semua lembaga agar anggaran dapat dipergunakan secara tepat sasaran.

"Sejauh ini akuntabilitas penggunaan anggaran pemerintah di Babel ini sudah cukup baik, namun kita akan meningkatkan lagi kualitas penggunaan untuk anggaran prioritas," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah siapkan Rp3,1 miliar untuk penanggulangan bencana

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023