Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Japri mengingatkan seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan untuk menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Tolong jaga integritas dan profesionalitas serta cara pandang sebagai penyelenggara Pemilu 2024," ujarnya usai menghadiri acara pelantikan Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan di Koba, Senin.

 Bawaslu Bangka Tengah melantik Sirojul Munir menjadi anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan sebagai PAW dari Hatika yang terpilih menjadi komisioner Bawaslu Bangka Tengah.

Baca juga: Bawaslu Belitung minta anggota pengawas tingkatkan pemahaman kepemiluan

"Saya minta yang baru dilantik mampu mengubah cara berpikir dan bertindak dari seorang pengawas desa menjadi pengawas kecamatan, karena kami tahu yang dilantik sebelumnya adalah pengawas di Desa Sarangmandi," ujarnya.

Japri juga mengingatkan agar PAW anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan dapat mendalami lagi pola kerja dan wewenang dalam melakukan pengawasan.

“Setelah dilantik segera menyesuaikan terhadap pola kerja dan kewenangan, segera bersinergi, baik dengan internal Panwaslu Kecamatan Sungaiselan, dengan Panwaslu Kelurahan/Desa dan stakeholder,” tutur Japri

Baca juga: Ketua Bawaslu Belitung minta anggota panwaslu jaga integritas

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah mengingatkan agar PAW anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan yang telah dilantik untuk dapat segera menyesuaikan diri karena pelaksanaan pemungutan suara semakin dekat.

“Selamat atas telah dilantiknya saudara Sirojul Munir sebagai PAW anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan. Setelah pelantikan ini kita tidak bisa bersantai lagi karena tugas sudah menunggu,” ujar Marhaendra.

Kemudian Marhaendra menjelaskan alasan pihaknya melaksanakan pelantikan PAW Anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan sesegera mungkin agar pelaksanaan pengawasan di Kecamatan Sungaiselan dapat tetap seimbang dan optimal.

"Kita tidak ingin ada kekosongan jajaran harus lengkap, seimbang dan mampu bekerja secara optimal," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka Tengah minta panwaslu desa/kelurahan bekerja profesional

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023