Kelurahan Gabek Dua, Kecamatan Gabek Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Puskesmas Selindung melakukan fogging untuk menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah itu pada Selasa (5/9).

Kegiatan fogging ini dilakukan di RT 005 RW 002 dan dipantau langsung Lurah Gabek Dua, Devi Gristina,TIM Kader DBD Kelurahan Gabek Dua beserta tim dari Puskesmas Selindung.
 

Devi mengatakan kegiatan fogging ini dilaksanakan karena banyaknya kasus DBD di lingkungan tersebut dan banyaknya ditemukan jentik.

“Adanya laporan terkait  warga yang positif DBD, kami memfasilitasi untuk melakukan Fogging di lingkungan perumahan warga penderita DBD,” ucapnya.

Sementara itu, pengelola program DBD Puskesmas Selindung, Dwika Amanda Rianti mengatakan, fogging dilakukan untuk memberantas secara berkala, dalam rangka pencegahan dan pengendalian kasus DBD.

"Ini kita lakukan secara berkala di semua lokasi yang pernah terjadi kasus DBD dan ini," ujarnya.
 

Menurut dia, penyemprotan nyamuk dengan cara pengasapan tersebut dinilai efektif dalam mengendalikan populasi nyamuk di lokasi sasaran, yaitu di Kelurahan Gabek dua tepatnya di RT 005 RW 002.

"Langkah ini sebagai upaya pencegahan demam berdarah, namun kami juga tetap mengingatkan agar warga tetap waspada dan selalu menjaga kebersihan dalam rumah dan lingkungan sekitar agar nyamuk sebagai perantara demam berdarah tidak berkembang biak," katanya.

Ia mengemukakan, memasuki peralihan dari musim panas ke hujan seperti sekarang ini, maka penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk harus senantiasa diwaspadai.

"Masyarakat bisa melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dan gerakan menguras, mengubur dan menutup benda-benda yang bisa menjadi sarang nyamuk," katanya.
 

Ia mengimbau agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan membersihkan saluran drainase serta memperhatikan genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk DBD.

"Sebagai bentuk edukasi kepada warga dan mencegah terjadinya DBD kembali, kami sudah mengajak warga untuk memperhatikan lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan terutama saluran drainase yang tersumbat serta genangan air ketika turun hujan karena dapat berpotensi sebagai sarang nyamuk DBD," katanya

Pewarta: Rustam Effendi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023