Jumlah transaksi kegiatan Pasar Tani Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung di halaman Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Belitung mencapai Rp86,88 juta.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung, Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan kegiatan Pasar Tani tersebut diikuti sebanyak 26 peserta.

"Alhamdulillah, setelah kami rekapitulasi jumlah transaksi kegiatan Pasar Tani DKPP Belitung pada, Jumat (8/9) kemarin mencapai Rp86,88 juta," katanya.

Menurut dia, kegiatan Pasar Tani DKPP Belitung berkolaborasi dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) Badan Pangan Nasional guna membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, bahan kebutuhan pokok di jual dengan harga lebih rendah dibandingkan harga pasar seperti minyak goreng dijual Rp16 ribu per liter, beras premium Rp68 ribu per lima kilogram, tepung terigu Rp15 ribu per kilogram, dan telur ayam Rp2 ribu per butir.

Selanjutnya daging kerbau beku dijual Rp85 ribu per kilogram, beras medium Rp53 ribu per lima kilogram, gula pasir Rp16 ribu per kilogram, dan daging sapi beku Rp95 ribu per kilogram.

"Kami harapkan melalui kegiatan Pasar Tani ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah," ujarnya.

Selain itu, lanjut Tenny, kegiatan Pasar Tani dan Gerakan Pangan Murah tersebut bertujuan menekan dan mengendalikan inflasi di daerah itu.

"Pasar Tani memiliki keunggulan tersendiri karena produk yang dijual harganya lebih murah dibandingkan pasar dengan harapan ini mampu mengendalikan inflasi," katanya.

Dikatakan dia, melalui Pasar Tani masyarakat juga bisa mendapatkan produk hasil pertanian yang masih segar atau baru saja dipanen.

"Karena mata rantai transaksi di Pasar Tani adalah langsung antara petani dan masyarakat (pembeli) tidak ada perantara dan orang ketiga," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan Pasar Tani tersebut dapat meningkatkan pendapatan para petani di daerah itu sehingga menjadi lebih sejahtera.

"Para peserta Pasar Tani merupakan petani binaan kami sehingga kami harapkan kegiatan ini berdampak positif dalam meningkatkan pendapatan mereka," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023