Kepolisian Resort Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan ratusan buku ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Mentok untuk membantu meningkatkan minat baca pelajar di daerah itu.

"Ini merupakan realisasi dari program distribusi buku bacaan berkualitas ke sekolah-sekolah hingga pelosok desa, kami berharap upaya ini bisa membantu dan mendukung mendukung budaya literasi di masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan gemar membaca di kalangan anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua, dengan harapan akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan warga di daerah itu.

Untuk wilayah Kabupaten Bangka Barat, pendistribusian buku diawali oleh Kapolres Bangka Barat untuk kemudian dilanjutkan di Polsek jajaran dengan menjangkau sekolah-sekolah yang berada di desa-desa.

"Seluruh jajaran Polsek dan Polres Bangka Barat akan terus turut serta aktif dalam menjalankan kegiatan ini, karena program ini penting untuk masa depan generasi penerus," ujarnya.

Baca juga: Polisi Bangka Barat giatkan sambang warga pesisir jaring informasi

Ade Zamrah mengatakan kegiatan pendistribusian buku bacaan berkualitas ini adalah dalam rangka mengikuti arahan dari Kapolri kepada seluruh jajaran Polres wilayah Indonesia guna meningkatkan minat baca seluruh siswa yang ada di daerah.

Pada kegiatan distribusi buku di SMK Negeri 1 Mentok, Polres Bangka Barat menyalurkan bantuan sebanyak 150 eksemplar buku bacaan berkualitas, dengan tema teknologi, kesehatan, ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaan.

Baca juga: Polres Bangka Barat ajak orang tua berperan cegah kenakalan remaja

"Kami berharap program ini bisa memacu adik-adik pelajar untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman sehingga bisa semakin berkembang," katanya.

Selain itu, bantuan buku yang disalurkan juga diharapkan bisa memotivasi para siswa untuk menggali potensi diri sehingga bisa mengembangkan berbagi produk teknologi tepat guna sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah setempat.

Baca juga: Polisi Bangka Barat ajak warga waspadai kebakaran hutan

"Kami mendorong mereka agar meningkatkan kemampuan menciptakan hal-hal yang baru guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023