Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mendorong kader posyandu agar lebih aktif membantu petugas kesehatan dalam memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Mulkan di Sungailiat, Selasa saat membuka Jambores Kader Posyandu tahun 2023 di pantai Karang Merah, Lintas Timur Sungailiat.

Dia mengatakan, posyandu menjadi garda terdepan untuk memastikan setiap warga bisa tetap sehat dan memiliki kehidupan yang berkualitas.

Kader posyandu berperan meningkatkan derajat masyarakat. Tugas dan fungsinya tidak hanya saat hari buka posyandu yang dilakukan setiap bulan, tetapi juga dapat melakukan kunjungan dari rumah ke rumah warga memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan.

"Terutama bagi ibu hamil dan menyusui, pemahaman kesehatan sangat dibutuhkan supaya angka gizi pada anak tercukupi dan ibu akan tetap dalam kondisi prima," ujarnya.

Kader posyandu kata Mulkan dapat menerangkan kepada ibu hamil agar rutin memeriksa kandungan setiap bulan untuk mengetahui perkembangan kesehatan ibu dan janin.

Pada bayi, anak balita, dan prasekolah, kader posyandu diminta untuk memastikan bayi dan anak balita mendapatkan imunisasi dasar dan lanjutan lengkap serta melakukan pemantauan tumbuh kembang secara rutin.

Di dalam keluarga, kata Mulkan, peran seorang suami diperlukan untuk melindungi dan mengingatkan istrinya yang sedang hamil atau menyusui agar rutin memeriksa kesehatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023