Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan 100 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada petugas kebersihan, untuk membantu mencukupi kebutuhan pangan keluarga mereka.

"Bantuan ini untuk meringankan beban para pahlawan kebersihan dalam menghadapi kenaikan harga sejumlah komoditas pokok akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Bupati menjelaskan, fenomena El Nino sangat berdampak terhadap ketahanan pangan daerah dan memicu inflasi.

"Sektor pertanian sangat terdampak karena produksi pangan lokal jauh berkurang akibat musim kemarau," ujarnya.

Fenomena El Nino kata bupati juga berdampak terhadap kenaikan harga sejumlah bahan pokok sehingga memicu inflasi.

"Situasi seperti ini memang tidak dapat dihindari akibat cuaca panas berkepanjangan saat ini berdampak pada beberapa komoditas pokok mengalami penurunan pasokan, sehingga mengalami kenaikan harga," ujarnya.

Justeru itu, kata dia, pemerintah melakukan antisipasi dengan menyalurkan bantuan sembako gratis

"Dalam bantuan yang disalurkan tersebut, terdapat berbagai bahan pokok, mulai dari beras, minyak goreng dan bahan pokok lainnya," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, selain bantuan sembako pemerintah daerah juga menyalurkan bantuan beras program cadangan pangan pemerintah (CPP).

"Program CPP ini kita lakukan secara menyeluruh bagi keluarga penerima manfaat dan disalurkan untuk tiga bulan ke depan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023