Koba (Antara Babel) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar 29 pemilihan kepala desa secara serentak pada 25 Mei 2016.

Kepala BPMPD Bangka Tengah Julhasnan di Koba, Rabu, mengatakan saat ini 29 desa tersebut sudah siap dan panitia pemilihan sudah dibentuk.

"Pemilihan kepala desa tidak menggunakan rapat pleno lagi. Begitu sudah diketahui pemenangnya, maka panitia langsung menetapkan hasilnya pada hari itu juga," ujarnya.

Ia menjelaskan, di setiap desa terdapat tiga tempat pemungutan suara dan dua saksi dari masing-masing calon.

"Untuk saksi dari masing-masing kandidat dibatasi maksimal dua orang. Namun bagi saksi yang merasa keberatan dengan hasil tersebut dapat mengisi formulir keberatannya," ujarnya.

Ia mengatakan, jika terjadi perolehan hasil suara yang sama maka dilakukan pemungutan suara kembali di satu TPS yang jumlah mata pilihnya paling banyak.

"Jika masih terjadi perolehan suara yang sama maka dipilih kandidat yang umurnya lebih tua untuk ditetapkan sebagai kepala desa terpilih," ujarnya.

Ia mengatakan, surat suara sudah dicetak dan akan dikirim ke desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa tersebut.

"Surat suara tersebut sudah termasuk surat suara cadangan dan surat suara tersebut akan disebarkan secara bersamaan dengan kotak suara," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016