Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia menilai Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah siap menyambut Pemilu 2024, sehingga diharapkan pelaksanaan pesta demokrasi tahun depan dapat berjalan aman dan lancar.

"Kami menilai persiapan Belitung dalam menyambut Pemilu 2024 sudah luar biasa. Kerja kawan-kawan mulai dari KPU dan Bawaslu juga sangat luar biasa," kata Wakil Ketua Komite I DPD RI Darmansyah Husein di Tanjung Pandan, Senin.

Hal ini disampaikan usai menghadiri rapat pembahasan pelaksanaan tahapan persiapan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Belitung.

Komite I DPD RI juga meminta Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menjaga daerah itu agar tetap kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Cipta kondisi agar masyarakat kondusif dalam menghadapi Pemilu 2024 sangat penting untuk dilakukan, sehingga pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Komite I DPD RI mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Belitung yang telah melakukan persiapan, terutama penyediaan anggaran yang cukup memadai guna mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

"Sehingga melalui dana yang dianggarkan tersebut, kawan-kawan di KPU sudah mulai bisa bekerja," katanya.

Dia juga menilai KPU Belitung sudah cukup berpengalaman dalam menjalankan tahapan pelaksanaan pemilu.

"Tadi dalam tanda petik kami juga mengecek pemahaman rekan-rekan KPU dan Bawaslu Belitung terhadap peraturan mulai regulasi, sosialisasi, dan kampanye," ujarnya.

Dia menyebutkan DPD RI juga terus menjalin komunikasi dengan KPU RI dan Bawaslu RI guna menyukseskan Pemilu 2024.

"Karena kami juga berkoordinasi dengan KPU RI dan Bawaslu RI di pusat. Oleh karena itu, harus ada kesamaan antara pusat dan daerah, sering kali pusat mengatakan begini, namun terjemahan di daerah bisa melenceng," katanya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023