Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengajak kalangan generasi muda memiliki jiwa Pancasila.

"Saya mengajak para generasi berjiwa Pancasila dengan menjunjung tinggi rasa persatuan, bertenggang rasa dan memiliki semangat gotong royong," kata bupati usai bertindak sebagai inspektur dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila di Koba, Senin.

Bupati mengatakan, generasi muda harus menjadi garda terdepan dalam persatuan dan kemajuan sesuai dengan tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yaitu "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

"Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila itu menjadi dasar bagi kita untuk menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Ia mengatakan, generasi muda memiliki peran penting dari dulu, sekarang dan yang akan datang dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengingatkan kita bahwa sejarah perjuangan bangsa ditebus dengan nilai yang tak terhingga yaitu dengan nyawa para pahlawan," ujarnya.

Pengorbanan itu kata bupati berbuah manis yaitu kemerdekaan yang berdaulat, adil dan makmur.

"Tugas generasi muda adalah mengisi kemerdekaan dengan nilai nilai yang positif untuk daerah dan bangsa Indonesia," ujar Algafry.

Bupati mengatakan, dengan dasar Pancasila maka masyarakat bisa hidup rukun, damai, sejahtera dan bahagia.

"Semangat Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat memantapkan tekad seluruh komponen untuk senantiasa mengamalkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila demi keutuhan dan kemajuan daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023