Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong warga agar ikut berperan aktif dalam memajukan sektor pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

"Dengan ikut berperan aktif dalam setiap bidang kita harapkan sektor pariwisata akan semakin berkembang dan maju sehingga perekonomian masyarakat juga ikut meningkat," kata Anggota DPRD Provinsi Babel Azwary Helmy di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, peran serta masyarakat menjadi salah satu kunci bagi setiap daerah dalam mendukung kemajuan sektor pariwisata yang sedang dikembangkan.

Pemerintah juga memahami peran penting ini sehingga diterbitkan Peraturan Daerah Babel Nomor 6 Tahun 2021 tentang Kepariwisataan yang diharapkan mampu dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Dengan perda tersebut, kata dia, Pemprov Babel ingin mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kepariwisataan, mulai dari usaha mikro, kecil, menengah sampai usaha besar.

"Kami di legislatif juga ikut membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat atas keberadaan aturan ini, seperti yang kami laksanakan pada Sabtu (7/10) di objek wisata Bumang, yang diikuti sejumlah warga Desa Kemuja, Babupaten Bangka," katanya.

Ia mengatakan potensi wisata tidak hanya dilihat dari keindahan alam saja, akan tetapi juga bisa menampilkan budaya, sejarah, kuliner atau karya buatan manusia.

Seperti halnya Bendungan Bumang yang saat ini sudah menjadi menjadi destinasi wisata masyarakat sekitar, objek tersebut merupakan buatan manusia yang bertujuan untuk sumber air irigasi area persawahan yang ada di sekitar.

Namun, seiring perjalanan waktu bendungan tersebut dikembangkan dan oleh warga sekitar juga difungsikan sebagai tempat mandi dan pemancingan.

Dengan adanya destinasi wisata tersebut tentunya juga melahirkan sumber-sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar.

"Yang tadinya diperuntukkan sebagai sumber air, sekarang menjadi objek wisata baru. Selain itu juga bisa kita lihat ada sentra kuliner di sekitar bendungan bagi para pengunjung atau bagi masyarakat yang hanya sekedar beristirahat sejenak dari perjalanan jauh," katanya.

Menurut dia, kreatifitas masyarakat seperti inilah yang perlu terus dikembangkan dalam menciptakan potensi-potensi ataupun sumber-sumber ekonomi kemasyarakatan yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Ia mendorong warga, khususnya para pemuda desa, untuk lebih kreatif dalam mengelola dan mengembangkan potensi di desa masing-masing dan dapat membentuk kelompok usaha kecil yang kemudian didaftarkan ke kantor desa setempat agar memiliki legalitas.

"Fungsi kelompok ini nantinya apabila ada program pemerintah terkait pembinaan ataupun bantuan bagi kepariwisataan, tentunya kelompok-kelompok yang sudah terdaftar lebih diprioritaskan," katanya.

Dengan adanya kerja sama yang baik antara warga, kelompok masyarakat dan pemerintah serta dukungan dari para anggota DPRD diharapkan usaha pariwisata semakin berkembang dan bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat.

"Kami optimistis, jika sektor ini terus digeluti dengan sungguh-sungguh akan memberikan manfaat bagi orang banyak, masyarakat akan semakin sejahtera dan perekonomian daerah akan semakin meningkat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023