Pangkalpinang (Antara Babel) - PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan tes urine sopir angkutan darat, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Seluruh sopir diwajibkan melaksanakan tes urine, demi keselamatan penumpang selama perjalanan," kata Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Kota Pangkalpinang Hidayat di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan tes urine merupakan kerja sama Jasa Raharja dengan Polda, BNN dan Dinas Perhubungan, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran yang cukup tinggi.

"Dalam waktu dekat ini kami akan rapatkan kapan dan titik-titik pelaksanaan tes urine sopir angkutan kota, travel, taksi dan bus angkutan lebaran," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan penumpang. Jangang sampai terjadi kecelakaan karena sopir menggunakan narkoba, minuman keras dan lainnya.

"Apabila ditemukan sopir terbukti mengkonsumsi narkoba, maka akan diserahkan ke kepolisian untuk diproses secara hukum," ujarnya.

Menurut dia kegiatan tes urine dilakukan selama arus mudik, karena calon penumpang angkutan darat, laut dan udara yang mengalami peningkatan yang signifikan untuk merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

"Kami selaku penyelenggara asuransi angkutan umum ingin memastikan angkutan yang aman, nyaman demi keselamatan penumpang angkutan tersebut," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016