Personel Satuan Samapta Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan kesiapan pengamanan Pemilu 2024 dengan melakukan simulasi latihan pemakaian kawat duri "security barrier" guna menjaga stabilitas keamanan pesta demokrasi.

Kasat Samapta Polres Bangka IPTU M.Firdaus di Sungailiat, Jumat, mengatakan latihan pemakaian kawat duri bagi puluhan personel Samapta cukup penting untuk meningkatkan kemampuan sehingga terampil mengantisipasi gangguan massa saat pelaksanaan Pemilu 2024.

"Latihan ini dianggap penting kami lakukan sebagai langkah antisipasi dini meskipun diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang berjalan damai, tertib dan kondusif," jelas dia.

Security Barrier merupakan kendaraan polisi berisi barikade kawat yang merupakan alat taktis pengurai massa menggunakan kawat bergerigi.

Baca juga: Tim Gabungan di Bangka Barat patroli untuk mewujudkan pemilu damai

Dengan latihan tersebut, diharapkan nantinya personel mengerti tugas, cara bertindak, siap siaga dan profesional di lapangan ketika menghadapi massa.

"Saya minta personel dapat mengikuti latihan ini dengan serius dan penuh semangat karena keterampilan pemakaian kawat duri sangat penting untuk dikuasi," jelas M.Firdaus yang menjabat Kasatgas Preventiv dalam OMB 2023-2024

Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah itu, ikut mendukung dan menciptakan lingkungan yang aman dan tertib supaya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang berjalan kondusif seperti yang diharapkan bersama.

Baca juga: Polres Bangka Barat tingkatkan pengamanan jelang pemilu

Baca juga: Kapolda Babel tinjau kesiapan pengamanan pemilu di Bangka Selatan

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023