Masyarakat Belitung melalui Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Darmansyah Hussein mengusulkan Kota Tanjungpandan menjadi Kota Mandiri, guna mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Usulan ini merupakan aspirasi masyarakat Belitung yang menginginkan Tanjungpandan menjadi kota mandiri," kata Darmansyah Hussein dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan usulan Tanjungpandan menjadi kota mandiri telah diutarakan kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA dalam kunjungan kerja Daerah Pemilihan (Reses) pada Masa Sidang II Tahun Sidang 2023-2024 di Pangkalpinang, Selasa (12/12).

"Kunjungan kerja ini untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan aspirasi masyarakat untuk dapat kita carikan solusinya bersama," ujarnya.

Ia menyatakan selain aspirasi Tanjungpandan menjadi kota mandiri juga disampaikan keinginan masyarakat Bangka Utara agar menjadi kabupaten dengan Ibukota Belinyu.

"Aspirasi ini memang sudah lama diutarakan. Namun, kami berharap apabila kran moratorium sudah dibuka, kami berharap ini dapat ditindaklanjuti sesuai dengan aturan. Begitupun keinginan masyarakat agar Kota Tanjungpandan dijadikan sebagai kota mandiri," katanya.

Pj Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA juga menjabat sebagai Direktur Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri mengatakan penataan daerah untuk sementara dilakukan moratorium.

"Saat ini ada sekitar 330 usulan yang sudah masuk. Tapi, memang belum bisa ditindaklanjuti. Untuk sementara ini ditutup dulu untuk menghindari timbulnya sengketa saat pemilu nanti. Namun, untuk batas wilayah kita sudah menyelesaikan 97 persen," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023